Blog Spektakuler

Menuju Kesehatan Spektakuler

Beginilah Cara Mengatasi Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Jul 152017

undefinedHipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang paling menakutkan, terutama di negara berkembang. Hal ini dikarenakan penyakit hipertensi tidak seperti penyakit lainnya yang menimbulkan gejala atau tanda-tanda sebelum memasuki efek yang lebih parah.

Pasien yang mengalami penyakit darah tinggi seringkali mengalami banyak kerugian. Hal ini terjadi akibat penyakit ini tidak mempunyai gejala yang spesifik seperti penyakit lainnya. Inilah yang menyebabkan penyakit ini sangat ditakuti dan menjadi pembunuh manusia nomor sekian akibat kejadiannya yang tidak dapat diduga.

Bagi seseorang yang mempunyai penyakit darah tinggi sangat membutuhkan penanganan secara cepat dan tepat. Hal ini karena jika tidak mendapat pertolongan dengan segera maka akan sangat membahayakan bagi kondisi pasien. Dari sekian banyak penyakit, penyakit darah tinggi menjadi penyakit yang paling ditakutkan karena dapat menimbulkan penyakit komplikasi yang berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa pengobatan alternatif yang dapat Anda lakukan pada penderita penyakit darah tinggi.

Pengobatan Alternatif

Pengobatan alternatif atau pengobatan komplementer seringkali disalah artikan oleh sebagian masyarakat sebagai praktik kesehatan yang berada di luar lingkup obat yang selalu diresepkan oleh dokter kepada pasiennya melalui pengobatan medis atau konvensional. Obat yang biasa diberikan oleh dokter dan diajarkan di sekolah-sekolah medis disebut juga dengan obat konvensional.

Sedangkan pengobatan alternatif pada artikel kali bukanlah suatu jenis pengobatan sampingan yang belum ada bukti kebenarannya. Akan tetapi pengobatan alternatif yang memang telah terbukti berhasil mengendalikan tekanan darah pada pasien pengidap penyakit darah tinggi. Namun, tetap Anda harus selalu tetap waspada dan berhati-hati dengan keamanan serta efektivitas dari pengobatan alternatif ini.

Cara pengobatan alternatif tentu akan membantu tubuh untuk dapat mencegah atau mengelola tekanan darah tinggi Anda. Akan tetapi, pengobatan alternatif kali ini akan dilakukan secara bersamaan dengan konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, merubah gaya hidup seperti berhenti merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol serta beberapa gaya hidup yang tidak sehat merupakan faktor lain yang justru akan membantu efektivitas dari perawatan penyakit darah tinggi yang terjadi pada pasien.

Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami

Untuk menjaga keamanan Anda, sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai pengobatan alternatif yang akan Anda lakukan. Ini dikarenakan terdapat beberapa jenis obat atau suplemen yang akan berinteraksi dengan obat yang diresepkan oleh dokter. Adapun beberapa pengobatan alternatif alami untuk penderita penyakit darah tinggi, yaitu:

  • Mengkonsumsi herbal dan suplemen
  • Mengkonsumsi asam lemak omega-3
  • Mengkonsumsi bawang putih
  • Mengkonsumsi cokelat

Teknik Relaksasi

Selain menggunakan cara alami di atas, ternyata penyakit tekanan darah tinggi dapat dikendalikan melalui beberapa teknik relaksasi seperti berikut:

Meditasi

Untuk dapat mengendalikan penyakit darah tinggi di dalam tubuh, Anda dapat mengendalikannya dengan cara meditasi. Meditasi merupakan teknik relaksasi yang teknik latihannya bertumpu kepada titik fokus. Latihan meditasi dilakukan untuk membantu menenangkan pikiran Anda, merelaksasi tubuh Anda serta mengurangi stress yang Anda alami. Sebuah penelitian membuktikan bahwa meditasi ternyata sangat efektif dalam meredakan penyakit tekanan darah tinggi.

Yoga

Teknik ini merupakan salah satu teknik relaksasi kuno yang saat ini tengah menjadi salah satu teknik yang paling digemari. Teknik latihan ini menggabungkan antara postur fisik, teknik pernapasan dan titik fokus. Selain itu, teknik ini dapat Anda lakukan di rumah. Yoga banyak dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat membantu menjaga kebugaran tubuh Anda serta menjaga fleksibilitas dan tingkat stress yang Anda alami. Penelitian menunjukkan bahwa stress sangat mempengaruhi terhadap penyakit tekanan darah tinggi, oleh karena itu dengan mengontrol serta mengendalikan stress berarti sama saja dengan mengendalikan penyakit tekanan darah tinggi yang Anda alami.