Blog Spektakuler

Menuju Kesehatan Spektakuler

Hubungan Menstruasi Abnormal dengan Gejala Kanker Serviks

Jul 212017

undefined

Apakah menstruasi yang Anda alami tidak teratur sehingga Anda harus selalu membawa pembalut untuk selalu berjaga-jaga jika terjadi menstruasi sewaktu-waktu? Jika itu terjadi pada diri Anda berarti Anda mengalami menstruasi tidak teratur atau abnormal. Lalu adakah hubungannya antara menstruasi yang tidak teratur dengan gejala kanker serviks?

Perlu Anda ketahui, menstruasi adalah kejadian alami yang terjadi pada wanita. Normalnya terjadi menstruasi dengan siklus 21 hingga 35 hari dengan lama menstruasi sekitar 5 hingga 7 hari, dengan jumlah darah yang keluar tidak melebihi 80 ml. Jika terjadi kondisi sebaliknya, maka menstruasi yang Anda alami merupakan menstruasi yang tidak teratur atau abnormal.

Lalu apakah hubungannya antara menstruasi yang tidak teratur dengan gejala kanker serviks? Kanker serviks adalah penyakit berbahaya yang mengancam wanita dan merupakan penyakit kanker nomor dua yang diketahui paling banyak membunuh wanita. Penyakit kanker serviks menyerang wanita tanpa pernah diketahui gejala awal, dan baru dapat diketahui setelah memasuki tahap lanjut.

Sebelum Anda mengetahui apa hubungannya menstruasi tidak teratur dengan gejala kanker serviks, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui penyebab menstruasi tidak teratur, antara lain yaitu:

Polycystic Ovaries (PCO)

Seorang wanita yang mengalami kista pada rahim tentunya akan menggaggu kesuburan seorang wanita. Adapun salah satu gejala yang akan dialami oleh wanita yaitu menstruasi yang jarang terjadi serta jumlah darah yang sedikit. Apabila menstruasi terjadi dalam waktu yang lama, maka penderita akan mengalami pendarahan. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan operasi atau dengan melakukan pengobatan dalam waktu yang lama

Kista

Terdapat berbagai macam kista, namun kista atau tumor jinak yang pada umumnya menyerang wanita adalah kista ovarium. Wanita yang terserang kista ovarium akan mengalami berbagai macam gangguan menstruasi. Salah satu jenis kista menyebabkan siklus menstruasi terlambat, hal ini terjadi akibat dari kista folikel. Jika Anda mengalami masalah menstruasi yang ditandai dengan rasa nyeri setiap datangnya menstruasi, maka hal itu bisa saja sebuah tanda bahwa kista semakin membesar. Untuk dapat memastikan apakah Anda terkena penyakit kista, alangkah lebih baiknya Anda memeriksakan kondisi Anda ke ahli medis.

Polip

Salah satu gejala polip adalah meningkatnya jumlah darah menstruasi meskipun siklus menstruasi terjadi secara teratur. Selain itu, bagi wanita yang telah menikah, pendarahan akan dialaminya saat melakukan hubungan seksual, hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya polip. Oleh karena itu supaya selalu berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan yang Anda alami.

Kanker

Terjadinya kanker rahim diawali dengan terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur. Pada kanker stadium lanjut, menstruasi akan diawali dengan pendarahan yang cukup banyak. Walaupun begitu, terjadinya kanker serviks tidak hanya ditandai dengan menstruasi tidak teratur, akan tetapi harus dilakukan pengecekan dengan melakukan serangkaian test, salah satunya dengan melakukan tes pap smear.

Menstruasi dan Gejala Kanker Serviks

Wanita perlu mengetahui bahwa penyebab terjadinya gangguan menstruasi disebabkan oleh kelainan organik, yaitu keseimbangan hormon atau fungsi rahim yang penyebabnya tidak diketahui. Wanita yang menstruasinya tidak teratur tidaklah selamanya mengalami kanker rahim. Walaupun berbagai penelitian menunjukkan bahwa wanita yang telah berusia 50 tahun dengan riwayat menstruasi tidak teratur dapat menjadi pemicu terjadinya kanker pada wanita. Biasanya keluhan awal wanita yang telah memasuki usia menopause adalah terjadinya pendarahan.

Bagi wanita yang belum memasuki usia menopause dan mengalami pendarahan di luar masa menstruasi serta mengalami menstruasi berlebihan, maka hal itu harus segera diwaspadai. Adapun salah satu caranya yaitu dengan melakukan pemeriksaan pap smear untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Hal ini disebabkan kanker serviks tidak dapat diketahui hanya dengan mengetahui bahwa wanita tersebut mengalami menstruasi tidak teratur.